Perbedaan antara digitalisasi, digitalisasi dan transformasi digital

Kita sering mendengar istilah digitalisasi, digitalisasi dan transformasi digital. Namun, tahukah Anda perbedaan ketiganya? Atau menurut Anda ketiganya sama? Kali ini, kita akan membahas apa itu digitalisasi, digitalisasi, dan transformasi digital, satu per satu, sehingga Anda tahu apakah mereka berbeda atau sama.
Digitalisasi (digitalisasi)

Digitalisasi adalah proses konversi dari analog ke digital.

Digitalisasi dipahami sebagai pengoptimalan proses internal, seperti otomatisasi kerja, minimisasi kertas, dll. dengan tujuan mengurangi biaya.

Digitalisasi dapat dilihat sebagai mendigitalkan sesuatu yang sebelumnya analog menjadi digital. Misalnya, dokumen yang ditulis di atas kertas diubah menjadi dokumen elektronik seperti pdf, doc, dll, sehingga seseorang berbicara tentang digitalisasi.

Dulu kita mendengarkan musik dari kaset yang disebut objek analog, sekarang kita mendengarkan musik dari aplikasi mobile Spotify dll yang disebut digital.

Kami dulu mengambil foto dengan film dengan kamera analog

, hari ini kami tahu kamera digital tanpa film, tetapi dengan kartu memori. Dan masih banyak lagi contoh benda yang dulunya analog sekarang hampir semuanya digital.
Digitalisasi (digitalisasi)

Ada beberapa definisi yang menggambarkan pentingnya digitalisasi. Salah satunya adalah versi Brennen dan Kries, yang merupakan definisi dari sisi akademis. Keduanya mendefinisikan digitalisasi sebagai komunikasi digital dan pengaruh media digital pada kehidupan sosial saat ini.

Kamus istilah Gartner.com mendefinisikan digitalisasi sebagai “penggunaan teknologi digital untuk mengubah model bisnis dan membuka peluang penjualan dan penciptaan nilai baru; ini adalah proses transisi ke bisnis digital. “

Kemudian muncul pertanyaan baru: “Apa itu bisnis digital?”

. Di sini I-SCOOP menawarkan jawaban untuk pertanyaan ini. Bisnis digital adalah hasil dari banyak proses digitalisasi (misalnya dari rantai pasokan ke rantai pasokan digital) dan merupakan langkah penting menuju transformasi digital.

Tidak ada digitalisasi tanpa digitalisasi. Digitalisasi adalah penggunaan teknologi digital dan data digital untuk memengaruhi pemrosesan pesanan, mengubah interaksi antara perusahaan dan pelanggan, dan menciptakan sumber pendapatan (digital) baru.
Transformasi digital (transformasi digital)

Para pebisnis sering menggunakan istilah digitalisasi untuk menyebut transformasi digital, meskipun keduanya berbeda. Transformasi digital mengacu pada adopsi yang lebih luas dari teknologi digital dan perubahan budaya di dalamnya. Dapat dikatakan bahwa transformasi digital menempatkan nilai lebih pada manusia daripada pada teknologi digital.

Transformasi digital mengubah konsep organisasi menjadi lebih berorientasi pada pelanggan, didukung oleh kepemimpinan, didorong oleh tantangan radikal terhadap budaya perusahaan dan penggunaan teknologi yang memberdayakan karyawan.

Penting untuk mengetahui perbedaan antara digitalisasi, digitalisasi dan transformasi digital agar tidak disesatkan. Pelaku bisnis berpikir mereka dapat mendigitalkan bisnis mereka atau mendigitalkan proses bisnis sehingga orang dapat berbicara tentang transformasi digital, tetapi tidak sesederhana itu.

Kesalahpahaman terhadap ketiga istilah ini sering mengakibatkan hilangnya peluang untuk berkembang, persaingan, kesulitan dalam menanggapi permintaan dan harapan pelanggan dan tidak menjadi pengusaha yang terampil.

Oleh karena itu, mulai sekarang Anda perlu mengetahui lebih jauh tentang dunia digital dan transformasi digital. Anda dapat menghubungi konsultan IT seperti AsiaQuest Indonesia untuk sekedar menanyakan apa itu dunia digital dan transformasi digital. Kami senang bisa menjadi mitra bisnis Anda untuk sukses di dunia digital!

Lihat Juga :

https://creasi.co.id/
https://fintekmedia.id/
https://kricom.id/
https://kissasian.id/
https://travelbos.co.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/
https://www.sudoway.id/
https://mozillalinks.org/
https://jurubicara.id/
https://memphisthemusical.com/
https://minglebox.com/
https://ngelag.com/
https://newsinfilm.com/
https://voi.co.id/
https://jadwalxxi.id/
https://desamembangun.id/
https://kanreg12bkn.id/
https://ejurnalbalaibahasa.id/
https://ppdb-batam.id/
https://balaibahasajateng.id/
https://www.bolt.id/